Tuesday, August 25, 2015

Hiroshima - Kyoto - back to Indonesia

Sidetrip ke Hiroshima

Nagoya - Hiroshima by Shinkansen, turun, titip barang di loker, kalo bisa jejalin aja di satu loker semua barang2 yang kita bawa, sewanya sesuai dengan ukuran loker, dan si loker hanya mau makan uang koinan 100 yen, jadi siapin recehannya ya (didalam stasiun ada yg lebih bagus dan terima IC card juga).

At Hiroshima, first headoff to Miyajima: take the Sanyo line from Hiroshima Station, get off at Miyajimaguchi Station, and take the ferry to Miyajima Island. Disini ada torii gate yang ada di dalam air, dan kuil Itsukushima. DIsini kita bisa ketemu banyak rusa yang dibiarkan berkeliaran dengan bebas. Hati-hati jaga barang kertas, payung dan makanan karena rusa-rusa ini suka curi-curi makanin yang seperti ini. Kalo udah puas, mari kita balik lagi ke Hiroshima Station untuk keliling kota Hiroshima.

Dari stasiun Hiroshima, naik Hiroshima Meipuru-pu loop bus, gratis dengan JR Pass, ada 2 jalur, jadi perhatikan jalur mana yang kita naiki. Kami naik ini dan stops at: Hiroshima Castle, A-Bomb dome, Hiroshima Peace Memorial Park, makan di Okonomi-mura (hati-hati okonomiyaki disini ada daging babi) dan back to Hiroshima Station, dari sini naik Shinkansen ke Kyoto. Kebetulan kami sampai sudah malam, jadi sampai hostel di Kyoto (Piece Hostel Sanjo, 6000 yen untuk 2 malam) kami tidak pergi kemana-mana lagi alias istirahat supaya besok bisa berangkat pagi.

Total biaya hari ini adalah (selain makan dan suvenir): 6000 yen

KYOTO

Ini adalah kota tujuan utama saya trip di bulan Agustus, alias kepengen lihat Daimonji, yang gagal karena, mendung dan hujan di hari itu.
Beli Kyoto bus pass, 500 yen, untuk puter-puter seharian sampe puas di Kyoto, pass ini bahkan bisa dibeli di hostel tempat menginap.
Hari ini, mulai dari pagi, dengan rute:
1. Fushimi Inari (the thousand gate shrine, take the train to Nara from Kyoto Station, get off at Inari) - Arashiyama ( take the JR Train Sagano Line to Arashiyama, get off at Saga-Arashiyama station) , langsung beli dulu tiket Sagano train, kereta kayu untuk naik ke atas gunungnya (620 yen), kasih jeda waktu sekitar 2 atau 3 jam dari waktu sampai, barulah kita keliling Arashiyama, dengan rute: Togetsukyo Bridge - Tenryuji Temple - Bamboo Groove - Sagano train ( ada beberapa tempat pemberhentian, berhenti di stasiun Kameoka Umahori, last stop, jalan sedikit, lewat sawah-sawah, ke stasiun Umahori untuk naik JR Sagano line kembali ke Kyoto) - turun di Enmachi.
2. Rute keliling kota by Kyoto Bus Pass : Enmachi bus stop - Kinkakuji - Ginkakuji -Kyomizudera - Gion - Kyoto Tower - Sanjo, disini dekat Nishiki market dan tadinya rencana melihat Daimonji dari Imadegawa bridge tapi apa daya hujan mengalahkan semuanya (untuk naik dan turun bus jangan takut, sudah diberi petunjuk peta yang bahkan ada kita naik bus nomer berapa untuk turun dimana) , istirahat di hostel.

Total biaya hari ini (termasuk masuk temple) 2320 yen

Keeseokan harinya, packing untuk pulang, sarapan sekenyangnya di hostel, check out, titip barang di reception, beli bus pass untuk keliling sekali lagi ke tempat yang kemaren belom sempat. Hari ini bahkan dari pagi hujan jadi hanya sempat ke Toji temple, Sanjusangendo dan jalan-jalan di rooftopnya Kyoto station, dan akhirnya pulang kembali ke Indonesia. Saya pulang lewat Narita, jadi dari Kyoto, take the Shinkansen back to Tokyo, naik Narita line, turun di stasiun Narita, nginep semalem di hotel dekat bandara (APA Narita, 5500 yen), untuk keesokan harinya berangkat kembali ke Bandung.

Total biaya hari ini 6000 yen



No comments:

Post a Comment