Wednesday, August 19, 2015

Osaka travels, 2 and a half day

Kota pertama yang saya kunjungi adalah Osaka.

Setelah mendarat di bandara internasional Kansai (KIX), kami bertiga menginap semalam di bandara karena sampai clear imigrasi dan tunggu check in bagasi milik salah satu dari kami bertiga sudah hampir jam 12 malam. Saya buat poin-poin saja karena kalau diceritakan akan panjang lebar nantinya

* cari tempat yang paling cocok untuk istirahat, bisa di kursi, bisa di lantai, jangan lupa isi perut, bisa dibeli di McDonalds, Sukiya, Family Mart atau Lawson yang buka 24 jam di bandara dan sedia air minum ya

* untuk koneksi internet selama di bandara ada koneksi wifi kok jadi tidak usah takut offline socmed ( ^_^)

* untuk koneksi internet selama di Jepang, saya beli dari simcard machine, ada di lantai 1, harganya 3000 yen, khusus data, kuota 1 GB, ada pilihan nanosim, minisim dan standard sim; serta ada juga pilihan kuota yang 3 GB ( http://www.so-net.ne.jp/prepaid/en/ )

* beli Osaka Amazing Pass, harganya 2300 yen untuk yang 1 hari, 3000 yen untuk yang 2 hari. Pilihan kami jatuh pada yang 1 hari, dengan pertimbangan hari kedua kami hanya akan ke Universal Studio Japan saja. Osaka Amazing Pass ini bisa dibeli di airport, di counter tiket yang seberang JR ticket office. Ada beberapa tempat yang free (tidak bayar) dengan menunjukkan pass ini dan diskon di beberapa toko, ini semua akan ada di brosur yang didapat setelah membeli pass.  (https://www.osaka-info.jp/osp/en/index.html)

* setelah menaruh (titip) tas di penginapan, penginapan kami di Hotel Shin-Imamiya, sekitar 10 m dari exit stasiun Shin-Imamiya, mulailah petualangan menelusuri Osaka. Sarapan pagi kami beli di Lawson, dimakan sambil menunggu Tsutenkaku Tower buka.
Day 1 trip : Tsutenkaku Tower - NHK building - Osaka Museum of History - Osaka Castle Nishinimaru Garden - Osaka Castle Museum - Tempozan Giant Ferris Wheel - Cruise Ship Santa Maria - Naniwa Hot Spring - Floating Garden Observatory

NOTE: Biaya yang keluar untuk sehari ini (diluar makan dan souvenir), adalah 2900 yen (untuk Amazing Pass plus tiket kereta Nakai line ke hotel) dan bayar penginapan 3900 yen untuk 2 hari. Biaya untuk masuk ke objek wisata dan transportasi (kereta) sudah dicover oleh osaka mazing pass

Day 2 trip : Universal Studio Japan
Dari Stasiun  kereta Shin Imamiya, naik Osaka Loop Line ke arah Kyobashi , turun di Nishikujo, ganti kereta JR Sakurajima Line dan turun di Universal City Stasion (180 yen). Bolehlah jalan-jalan dulu di Universal City-nya, jalan yang ke arah gate Universal Studio, ada museum takoyaki dan ada Jump Shop juga disini (terutama One Piece dan Dragon Ball).
Tiket Universal Studio: 7200 yen
Disarankan untuk naik sebanyak mungkin ride yang kalian berani, soalnya nggak mau rugi dong ( *_*) dan tinggallah sampai parade light mobile Universal selesai.
NOTE:
(1) bila ingin naik beberapa ride dan malas mengantri, kita tinggal bilang ke penjaga gate ride tersebut, single rider, nanti akan dimasukkan jalur express, tanpa perlu beli tiket express yang muahal itu.
(2) untuk Wizarding World of Harry Potter, The Lost World, dan BioHazard diberlakukan timed entry, kalian tinggal menuju ke tempat pemesanan entry tiket dan memesan jam berapa kalian akan masuk ke area tersebut.
(3) biaya yang keluar untuk hari ke dua (diluar souvenir dan makan) adalah 7560 yen

Day 3 trip : Osaka (Dotombori) - Tokyo
Hari ini kami berencana pindah ke kota ke Tokyo, jadi JR Pass diaktivasi mulai hari ini. Cara aktivasinya, karena ini pertama kali, tinggal tunjukkan JR Pass ke penjaga gate di JR stasiun, oleh beliau akan dicap tanggal hari itu. Kami berangkat agak siang, jadi kami pagi-pagi check out hotel, titip barang di resepsionis, dan jalan-jalan di Dotombori. Makan takoyaki, cari foto glico man dan kepiting raksasa, pokoknya strolling around dan kalau kebeneran nemu barang aneh ya dibeli.
Dari stasiun Shin-imamiya, naik JR Yamatoji Line dan turun di stasiun Namba, lanjut berjalan kaki ke Dotombori.
Dari sini kami balik lagi ke hotel, and off to Tokyo. ( Shin-Imamiya stasion - Osaka Loop Line towards Tennoji - get off at Osaka Station - Naik Tokaido-Sanyo Line towards OmiShiotsu via Maibara - get off at ShinOsaka Station - ride the Tokaido Sanyo Shinkansen towards Tokyo, all free on JR Pass, kalau bayar, untuk reserved seat Shinkansen,  total kereta adalah sekitar 14500 yen)
Dari Tokyo Stasion untuk ke hotel kami naik JR Joban line, turun di Stasiun Minami Senju.
Untuk biaya hostel (Tokyo Backpackers, 3 hari) adalah 7200 yen.
Beres-beres sebentar di hostel (a.k.a mandi dll) lalu lanjut ke Harajuku, tinggal jalan ke stasiun kereta dan naik kereta ke arah Ueno terus ganti Yamanote Line.
Di hari ketiga ini biaya yang keluar (diluar makan dan souvenir) adalah 7200 yen (karena kereta termasuk Shinkansen sudah dicover JR PASS)

Maaf ya, masih males upload foto-foto

No comments:

Post a Comment